Warung Internet

[ Daftar isi Blog ]

Malaysia vs Indonesia: Lebih dari Sekadar Final

.
Selasa, 22 November 2011.
Laga Puncak SEA Games 2011, Malaysia vs Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (21/11), lebih dari sekadar final ideal. Partai ini dibumbui sejumlah hal yang makin memanaskan aroma duel.


Suporter Indonesia dipastikan belum lupa dengan kekecewaan akibat Tim Merah-Putih takluk 0-1 di laga terakhir Grup A melawan Malaysia. Meski kepastian tiket ke semifinal sudah diraih dan pelatih Rahmad Darmawan menyimpan pemain untuk laga semifinal, kekalahan dari Malaysia itu tetap saja menyesakkan.


Apalagi, di final Piala AFF lalu, Malaysia juga menggagalkan Indonesia menjadi juara. Tak heran kalau laga final SEA Games ini amat dinantikan.

Hanya, dibutuhkan kecerdikan dari kedua pelatih, plus ketahanan mental yang kuat dari pemain untuk memenangi duel sarat emosi ini.



"Kalau bicara soal recovery, kita kalah dari Malaysia karena mereka punya waktu dua jam lebih lama. Intensitas pertandingan mereka dengan Myanmar juga tak setinggi pertandingan Indonesia lawan Vietnam. Saya harus menyiasatinya dengan recovery yang bagus, bermain secara efisien, dan yang paling utama semangat bertanding," tegas Rahmad Darmawan, arsitek tim Indonesia.


Timnas diliputi kekhawatiran kapten Egi Melgiansyah tak bisa main karena cedera. Rahmad menyiapkan rencana kalau Egi tak bisa tampil.


"Sebenarnya bukan cuma Egi. Sejumlah pemain juga tak berada dalam kondisi fit. Kepastian baru akan diperoleh pada pagi hari sebelum pertandingan," kata Rahmad.


Sehari sebelum duel, Egi, yang tak bisa menyelesaikan pertandingan pada duel semifinal lawan Vietnam, mengaku kondisinya membaik. "Masih terasa sedikit sakit. Kalau pulih dan dipercaya main, saya siap habis-habisan," tegas Egi.


Cedera dan kondisi pemain yang drop juga dialami Malaysia. Pelatih Ong Kim Swee juga yakin Indonesia tak akan tampil seperti ketika kalah di babak penyisihan.


"Kita tak bisa mengambil kesimpulan dari pertandingan pertama. Indonesia adalah tim favorit dan mereka pasti akan tampil berbeda. Tapi, kami sebagai juara bertahan tentu ingin mempertahankan gelar itu," tutur Ong.


Dari pertandingan Indonesia lawan Vietnam, Ong sudah memperkirakan masalah yang akan dihadapi timnya.
"Semua pemain Indonesia sangat berbahaya. Terutama dilihat dari pertandingan melawan Vietnam. Saya bisa melihat level permainan yang sangat tinggi dari pemain Indonesia. Saya berharap pemain kami termotivasi oleh kemenangan di pertemuan pertama," tutur Ong.


Terakhir kali Indonesia meraih emas di SEA Games 1991 Manila. Final ini adalah yang pertama buat Indonesia setelah gagal di final SEA Games Jakarta 1997. Saat itu, Indonesia juga terakhir kali meraih gelar juara umum SEA Games. Jika menang kali ini, apalagi jika melihat Malaysia sebagai lawan bebuyutan, maka sempurnalah gelar juara umum SEA Games 2011.




Photobucket 
  Photobucket

Ditulis Oleh : satbrimob Polda NTB ~ Onco Berbagi Cerita

Artikel Malaysia vs Indonesia: Lebih dari Sekadar Final ini diposting oleh satbrimob Polda NTB pada hari Selasa, 22 November 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Comentários:

Posting Komentar